Komponen Kurikulum, Silabus dan RPP

A. Kurikulum memiliki komponen-komponen yang saling terintegrasi satu sama lain. Komponen-komponen utama kurikulum yaitu 

1) tujuan; 

(2) materi; 

(3) strategi pembelajaran; 

(4) organisasi kurikulum, dan 

(5) evaluasi. 

B. Komponen-komponen yang terdapat dalam silabus adalah, sebagai berikut:

(1) Standar Kompetensi, 

(2) Kompetensi Dasar, 

(3) Materi Pokok/Pembelajaran, 

(4) Kegiatan Pembelajaran, 

(5) Indikator, 

(6) Penilaian,

(7) Alokasi Waktu, dan

(8) Sumber Belajar

C. Komponen-komponen yang terdapat dalam RPP adalah sebagai berikut, yaitu:

(1) identitas sekolah yaitu nama satuan pendidikan;

(2) identitas mata pelajaran atau tema/subtema;

(3) kelas/semester;

(4) materi pokok;

(5) alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar dengan mempertimbangkan jumlah jam pelajaran yang tersedia dalam silabus dan KD yang harus dicapai;

(6) tujuan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;

(7) kompetensi dasar dan indikator pencapaian kompetensi;

(8) materi pembelajaran, memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi;

(9) metode pembelajaran, digunakan oleh pendidik untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai KD yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan KD yang akan dicapai;

(10) media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran;

(11) sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;

(12) langkah-langkah pembelajaran dilakukan melalui tahapan pendahuluan, inti, dan penutup; dan

(13) penilaian hasil pembelajaran.

0 Response to "Komponen Kurikulum, Silabus dan RPP"

Posting Komentar